Thursday, February 14, 2013

bahayanya merkuri dalam produk kecantikan...

korang mesti tertanya2 kan apa tu merkuri?? sama lah jugak dengan aku nie hah... (jangan gelak!!!) ye lah masa sekolah dulu aje selalu dengar perkataan tu biler masuk dalam makmal sains.. ala... kebanyakkan korang pun sama kan?? hehehhehehe... (yelah aku ngaku... aku aje yang salah tafsir kat korang... ) tak aper lah... meh sini kita berkongsi ilmu ye... xsalah pun berkongsi ilmu... "sharing is caring'..
PENGERTIAN MERKURI (Hg)
Merkuri atau raksa dalam bahasa Yunani disebut Hydrargyrum yang berarti cairan perak. Merkuri ini biasa dilambangkan dengan Hg, sesuai dengan nama Hydrargyrum. Merkuri adalah salah satu unsur kimia pada susunan tabel periodik unsur, dengan nomor atom 80 dan nomor massa 200.59. Merkuri merupakan unsur transisi dalam susunan tabel periodik unsur, di mana merkuri ada pada golongan II B dan periode 6.
Kelimpahan Hg di bumi menempati urutan ke-67 di antara unsur-unsur lainnya pada kerak bumi. Di alam, merkuri (Hg) ditemukan dalam bentuk unsur merkuri (Hg), merkuri monovalen (Hg1+), dan bivalen (Hg2+). Merkuri adalah salah satu jenis logam yang banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik. Umumnya kadar dalam tanah, air dan udara relatif rendah. Berbagai jenis aktivitas manusia dapat meningkatkan kadar ini, misalnya aktivitas penambangan yang dapat menghasilkan merkuri sebanyak 10.000 ton / tahun.
 
SIFAT-SIFAT MERKURI
Unsur golongan logam transisi ini berwarna keperakan dan merupakan satu dari lima unsur yang berbentuk cair dalam suhu kamar, yaitu cesium, fransium, galium, dan brom serta sifatnya mudah menguap. Sifat lainnya adalah, Hg akan memadat pada tekanan 7.640 Atm. Bentuk fisik dan kimianya sangat menguntungkan karena merupakan satu-satunya logam yang berbentuk cair dalam temperatur kamar (25°C), dan titik bekunya paling rendah (-39°C). Selain itu merkuri mempunyai kecenderungan untuk menguap yang lebih besar, karena ia reaktif dengan suhu tinggi.
Merkuri juga mudah bercampur dengan logam-logam lain dan menjadi logam campuran (Amalgam/Alloy). Di samping itu, merkuri adalah konduktor yang baik, karena dapat mengalirkan arus listrik dengan baik baik tegangan arus listrik tinggi maupun tegangan arus listrik rendah.
Merkuri merupakan logam yang dalam keadaan normal berbentuk cairan berwarna abu-abu, tidak berbau dengan berat molekul 200,59. Tidak larut dalam air, alkohol, eter, asam hidroklorida, hydrogen bromida dan hidrogen iodide; Larut dalam asam nitrat, asam sulfurik panas dan lipid. Tidak tercampurkan dengan oksidator, halogen, bahan-bahan yang mudah terbakar, logam, asam, logam carbide dan amine.
Merkuri memiliki densitas yang tinggi, sehingga apabila benda-benda padat dan berat seperti bola biliar akan menjadi terapung jika diletakkan di dalam cairan raksa, meski hanya dengan 20 persen volumenya yang terendam.
Di antara berbagai macam logam berat yang ada, merkuri dan turunannya disebut sebagai bahan pencemar paling berbahaya. Semua senyawa Hg bersifat toksik untuk makhluk hidup bila memajan makhluk hidup dalam jumlah yang cukup dan dalam waktu yang lama. Senyawa Hg akan tersimpan dan terakumulasi secara permanen di dalam tubuh, yaitu terjadi inhibisi enzym dan kerusakan sel sehingga kerusakan tubuh dapat terjadi secara permanen (WHO, 1976)
 
Ciri-ciri krim yang mengandung Mercuri:

1. Umumnya pemutih wajah yang baunya agak keras (biasanya agak sedikit bau logam/diberi parfum biar wangi tapi menyengat ) itu patut dicurigai.

2.  Krim berwarna putih-kuning. Putih untuk krim malam, kuning untuk krim pagi. Tidaklah semua tapi patut dicurigai.

3.  Ciri spesifik Krim agak kilat warnanya. Kalau kita buka tutupnya permukaan krimnya agak berkilauan/hologram.
Cuba tgk kat didepan cermin perhatikan ada yang kilat-kilat nempel di wajah atau tidak, itu biasanya mengandung mercury. Yang kilat itu: adalah merkuri. Merkuri adalah logam maka kilatlah muka jadinya. Krim yang bagus warnanya putih tidak mengkilat.

4. Dapat membuat kulit wajah putih dalam waktu singkat.
Memang cukup bervariasi antara 1- 4 minggu tergantung dari banyaknya kandungan merkuri didalam krim. (makin tinggi kandungan merkuri makin cepat memberikan hasil putih pada wajah). Bahkan hasilnya ada yang seperti wajahnya putih sekali seperti (maaf) mayat atau putih pucat.

5. Umumnya menimbulkan rasa gatal yang amat sangat di awal pemakaian, tergantung jenis kulit. Makanya ada yg menyertakan dg “krim anti iritasi”

6. Kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, terasa panas bila terkena sinar mataharisecara langsung.

7. Kulit terasa perih kemerahan, umumnya 1-2 hari diawal pemakaian (berbeza rasa perihnya ketika memakai Peeling dari doktor).

8. Gangguan pada saluran Kemih.
 
Bahaya penggunaan Krim mengandung Merkuri, iaitu:

1. Membuat gangguan kerusakan pada saraf, terutamanya seperti Alzheimer & parkinson, dengan ciri sbb: menggigil (gemetar), Insomnia (susah tidur), Gangguan penglihatan, Ataxia (Gerakan tangan tak normal) Gangguan Emosi, Pikun, kemurungan, Disorientasi Ruang (Rasa bingung & gelisah di awal pemakaian).

2. Dapat memperlambat pertumbuhan janin. Bahkan menyebabkan anak mengalami Autisme.Merkuri yg tidak boleh terbuang oleh ginjal, terkumpul di badan, dan masuk ke janin ketika ibunya hamil. coba Google tentang hubungan merkuri dan autisme. Dulu disalahkan kerana imunisasi mengandung merkuri utk pengawet, padahal yang nyata merkuri ada di krim kosmetik yang dipakai sang ibu.

3. Mengakibatkan keguguran (Kematian janin dan Mandul)

4. Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan, flek itu dapat / akan timbul lagi & bertambah parah (melebar).

5. Efek REBOUND (efek balik) iaitu memberikan respon berlawanan yakni Kulit akan menjadi gelap/kusam saat pemakaian krim dihentikan.

6. Bagi Wajah yang tadinya bersih lambat laun akan timbul flek yang sangat parah (lebar).

7. Dapat merosakkan lapisan kulit bawah. Jadi kalau disinari dgn lampu diagnostik, kulit yg memakai krim merkuri akan terlihat biru dibawahnya, kerana sel kulit tsb mati. Selanjutnya bs mengakibatkan kanser kulit (basal cell carcinoma, malignant melanoma, malignum melanoma, dsb).

8. Kerosakan pada saluran pencernaan.

9. Kerosakan pada ginjal yang dapat menyebabkan kematian akibat gagal ginjal. Perhatikan bau air urin anda setelah pemakaian krim merkuri, bau urin akan menjadi tajam. Orang yg pakai krim merkuri biasa nya merasakan sakit pinggang. Bukan kerana kelelahan tp kerana merkuri adalah logam berat yg menumpuk di ginjal (ginjal letaknya di pinggang). Ginjal itu ibarat nya saringan santan. Merkuri itu ibarat nya batu2 kerikil, kl ginjal disuruh nyaring logam berat seperti merkuri, lama2 ginjal nya jebol (gagal ginjal).

Tips untuk anda….

Jika inginkan penggunaan produk yang selamat tanpa kesan sampingan, pakailah produk yang 100% dihasilkan dari ekstrak tumbuh-tumbuhan. Kerana Pencuci dan Pencerah kulit mahupun botox semulajadi adalah datangnya dari tumbuh-tumbuhan... (bahan asli... macam aku ni hah... makan kolagen aje... bedak pun pakai bedak arab aje... tak ada pun sapu apa benda pelbagai... )



No comments:

Post a Comment